PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA PROSES PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING

Authors

  • Muhammad Zulfadhilah Universitas Sari Mulia
  • Mambang Mambang Universitas Sari Mulia
  • Septyan Eka Prastya Universitas Sari Mulia
  • Subhan Panji Cipta Universitas Sari Mulia
  • Rahmini Rahmini Universitas Sari Mulia
  • Muhammad Riduan Syafi’i Universitas Sari Mulia
  • Muhammad Khairul Akbar Universitas Sari Mulia
  • Ahmad Riki Renaldi Universitas Sari Mulia
  • Antonia Yenitia Universitas Sari Mulia
  • Sultan Arrasyid Universitas Sari Mulia
  • Tasya Salsabila Universitas Sari Mulia
  • Hudatul Aulia Universitas Sari Mulia
  • Siti Gadis Hardianti Universitas Sari Mulia
  • Wulandari Febriani Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.9206

Keywords:

computational thinking, critical skill, elementary school

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran Computational Thinking merupakan hal yang bisa dianggap sebagai keterampilan kritis bagi masyarakat di abad ke-21 ini khususnya bagi para pelajar, pembelajaran ini melibatkan banyak keterampilan, namun kemampuan pemrograman tampaknya menjadi aspek inti karena mereka mendorong pengembangan cara berpikir baru yang merupakan kunci pemecahan masalah yang memerlukan kombinasi kekuatan mental dan kemampuan komputasi manusia. Pembelajaran Computational Thinking dapat diterapkan dari jenjang sekolah dasar dengan harapan anak-anak akan siap dengan adanya arus informasi yang semakin cepat. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan, pengabdi memberikan materi terkait Computational Thinking kepada para siswa sekolah dasar. Kegiatan ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu pemberian materi dan latihan menjawab soal yang berhubungan dengan materi. Latihan menjawab soal dilakukan dengan memutarkan video yang berisikan soal Computational Thinking beserta pembahasannya. Pada tahap evaluasi kegiatan, tim pengabdian melakukan latihan menjawab soal terkait materi yang sudah disampaikan. Hasil dari jawaban siswa kemudian diperiksa untuk melihat pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan, pada hasil tersebut terlihat ada 14 siswa yang menjawab latihanl dengan nilai 80 dan 6 siswa lainnya masih mendapatkan nilai dibawah 80. Berdasarkan hasil tersebut maka bisa disimpulkan bahwa sebanyak 70% siswa sudah mulai memahami konsep pembelajaran Computational Thinking.

 

Kata kunci: berpikir komputasi; keterampilan kritis; sekolah dasar

 

ABSTRACT

Learning Computational Thinking is something that can be considered a critical skill for society in the 21st century, especially for students, this learning involves many skills, but programming skills seem to be a core aspect because they encourage the development of new ways of thinking which are the key to solving problems that require combination of human mental strength and computational ability. Computational Thinking learning can already be applied from the elementary school level with the hope that children will be ready for the faster flow of information. In the community service activities that have been carried out, the devotees provide material related to Computational Thinking to elementary school students. This activity is divided into two parts, namely the provision of material and exercises to answer questions related to the material. Practice answering questions is done by playing a video containing Computational Thinking questions and their discussions. Based on the results of the activities that have been carried out by giving practice questions to answer related to the material that has been delivered, as many as 70% of students answered the questions correctly, this proves that elementary school students have started to understand the concept of Computational Thinking.

 

Keywords: computational thinking; critical skill; elementary school

References

Anggrasari, L. A. (2021). Model Pembelajaran Computational Thingking Sebagai Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar Pascapandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Sensaseda, 1, 109–114.

Apriani, A., Ismarmiaty, I., Susilowati, D., Kartarina, K., & Suktiningsih, W. (2021). Penerapan Computational Thinking pada Pelajaran Matematika di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1017

Cansu, F. K., & Cansu, S. K. (2019). An Overview of Computational Thinking. International Journal of Computer Science Education in Schools, 3(1), 17–30. https://doi.org/10.21585/ijcses.v3i1.53

Center, M. (2022). Video Soal Computational Thingking. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=UbGwbi3GiLw

Haseski, H. I., Ilic, U., & Tugtekin, U. (2018). Defining a New 21st Century Skill-Computational Thinking: Concepts and Trends. International Education Studies, 11(4), 29. https://doi.org/10.5539/ies.v11n4p29

ITB, P. A. I. (2020). Pembelajaran Computational Thinking Pada Pendidikan Dasar dan Menengah 2020. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat ITB, December, 1–68.

Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2017). Computational Thinking (Pemecahan Masalah di abad ke-21) (A. Septyawan, I. Susilowati, E. F. Subeqi, & E. Melasevix (eds.)). Wade Group.

Tang, X., Yin, Y., Lin, Q., Hadad, R., & Zhai, X. (2020). Assessing computational thinking: A systematic review of empirical studies. Computers and Education, 148(Mc 147). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103798

Yang, K., Liu, X., & Chen, G. (2020). The influence of robots on students‟ computational thinking: A literature review. International Journal of Information and Education Technology, 10(8), 627–631. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.8.1435

Zulfadhilah, M., & Hidayah, N. (2020). Pengenalan Aplikasi Android Sebagai Bahan Bantu Pengajaran Mata Pelajaran Kimia Sma. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 345. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2656

Downloads

Published

2022-09-04

Issue

Section

Articles